
Yogyakarta, 20 Mei 2025 – Dalam upaya memperkuat kualitas tata kelola dan layanan akademik, Sekolah Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) melaksanakan kegiatan benchmarking ke Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada tanggal 17 hingga 20 Mei 2025. Kegiatan ini diikuti oleh jajaran pimpinan, pengelola program studi, serta perwakilan dosen dari berbagai program magister, termasuk Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBING).
Benchmarking ini menjadi langkah strategis UNIKAMA dalam memperkaya wawasan dan memperoleh referensi langsung dari institusi yang telah diakui memiliki tata kelola pendidikan pascasarjana yang unggul. UNY, sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia, menjadi rujukan ideal bagi UNIKAMA mutu dan inovasi.
Rangkaian kegiatan diawali dengan sesi audiensi dan diskusi akademik bersama jajaran pimpinan Sekolah Pascasarjana UNY. Dalam kesempatan ini, para peserta mendapatkan paparan langsung mengenai sistem penjaminan mutu internal, manajemen kurikulum, model pembinaan mahasiswa, hingga strategi internasionalisasi program studi. Hal-hal tersebut menjadi sorotan utama yang hendak diadaptasi dan dikembangkan di UNIKAMA sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik institusi.
Dr. Siti Mafulah, M.Pd, selaku Ketua Program Studi Magister PBI UNIKAMA, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk memetakan potensi dan tantangan dalam pengelolaan program magister. “Melalui kunjungan ini, kami banyak belajar mengenai praktik-praktik baik yang telah berhasil diterapkan di UNY. Ini membuka cakrawala baru bagi kami untuk meningkatkan kualitas layanan akademik dan mengembangkan atmosfer riset yang lebih kuat,” ujarnya.
Lebih lanjut, Dr. Siti juga menyebutkan bahwa benchmarking ini menjadi ruang reflektif bagi pengelola program studi untuk memperbaiki berbagai aspek, mulai dari proses rekruitmen mahasiswa, pelaksanaan pembelajaran, sistem bimbingan tesis, hingga dukungan terhadap publikasi ilmiah mahasiswa dan dosen.
Salah satu agenda menarik dalam benchmarking kali ini adalah kunjungan langsung ke Pusat Publikasi Ilmiah dan Jurnal UNY, di mana peserta berkesempatan berdialog dengan tim pengelola jurnal internasional bereputasi. Hal ini sangat relevan dengan visi MPBING UNIKAMA yang tengah mengembangkan roadmap publikasi internasional sebagai bagian dari target capaian institusi.
Selain itu, peserta benchmarking juga meninjau fasilitas laboratorium bahasa dan pusat pengembangan teknologi pembelajaran, yang menjadi nilai tambah bagi pengembangan program studi berbasis teknologi di era digital. Pengalaman ini mendorong peserta untuk mulai merancang fasilitas serupa di lingkungan UNIKAMA dengan pendekatan adaptif dan progresif.

Pihak UNY menyambut baik kedatangan delegasi UNIKAMA dan mengapresiasi semangat kolaboratif yang ditunjukkan. Sekolah Pascasarjana UNY menekankan pentingnya jejaring antarperguruan tinggi dalam menciptakan sistem pendidikan yang saling menguatkan dan tidak berjalan sendiri-sendiri. Ia juga menyampaikan kesiapan UNY untuk melanjutkan komunikasi dan kemungkinan kerja sama lebih lanjut di bidang akademik, penelitian, maupun pengabdian masyarakat.
Kegiatan benchmarking ini ditutup dengan penyerahan cinderamata dan dokumentasi bersama, sebagai simbol persahabatan dan semangat sinergi antarlembaga pendidikan. Para peserta kembali ke Malang dengan membawa berbagai insight berharga yang siap diterapkan dalam pengembangan mutu akademik di UNIKAMA, khususnya di lingkungan Sekolah Pascasarjana.
Dengan kegiatan ini, UNIKAMA sekali lagi menegaskan komitmennya untuk terus tumbuh menjadi institusi pendidikan tinggi yang unggul, adaptif, dan inovatif dalam menghadapi tantangan global. Terlebih, Magister Pendidikan Bahasa Inggris UNIKAMA juga tengah mengembangkan beberapa program internasional dan memperluas jaringan kerja sama, sehingga benchmarking ke UNY menjadi momen penting yang memperkuat langkah tersebut secara struktural dan substansial.